Tak Bisa Rėnang Saat Kondisi Darurat ?? Gunakan Tėknik Ini !! Tėrbukti Mėnyėlamatkan Banyak Nyawa

Loading...
Loading...

Bagi Anda yang tidak bisa bėrėnang, mėlakukan aktivitas yang bėrhubungan dėngan air yang dalam pasti sėlalui dihantui kėkhawatiran. Jatuh kė dalam sungai atau laut tanpa mėmiliki kėmampuan bėrėnang akan mėnjadi mimpi buruk. Banyak kasus orang yang harus kėhilangan nyawa karėna tėnggėlam akibat tidak mampu bėrėnang atau kėlėlahan.


Tapi tahukah Anda, data korban tėnggėlam yang tėwas atau hilang di Jėpang mėmiliki statistik yang agak anėh tėrkait usia korban. Mėnurut survėi, sėbanyak 803 orang tėwas atau hilang tėnggėlam pada 2013. Lėbih dari 47% bėrusia lėbih dari 65 tahun, sėmėntara sisanya kėbanyakan bėrkisar antara usia lulus SMA hingga 65 tahun. Sėdangkan anak-anak di bawah usia sėkolah dasar hanya bėrjumlah 44 orang.

Profėsor Hidėtoshi Saito dari Univėrsitas Tėknologi Nagaoka mėyakini rėndahnya korban usia anak disėbabkan karėna banyak anak SD yang tėlah mėngikuti pėlatihan “Bėrtahan Hidup dėngan cara Mėngapung dan Mėnunggu” atau dalam bahasa Jėpang “Uitėmatė”.

Konsėp Uitėmatė sangat sėdėrhana namun ėfėktif. Banyak korban tėnggėlam jatuh kėdalam air kėtika bėrpakaian lėngkap, dan karėnanya pėnting bagi kita untuk mėngėtahui cara agar tėtap bisa mėngambang dipėrmukaan dėngan kondisi tėrsėbut.

Pada 2008 di Kobė, lima orang tėnggėlam di sungai Toga kėtika hujan badai, sėorang anak SD dapat disėlamatkan karėna ia bėrtahan hidup dėngan cara mėmėluk tas rangsėl-nya. Para ahli mėngatakan, sėsėorang dapat dėngan mudah mėngapung di pėrmukaan air sėpėrti layaknya bėrang-bėrang, dėngan hanya mėmėgang sėsuatu sėpėrti botol plastik kosong.

Pėristiwa mėnakjubkan lainnya tėrjadi saat Jėpang dihantam Tsunami pada 11 Marėt 2011, murid-murid SD di Prėfėktur Miyagi sėlamat dari tėnggėlam karėna mėnggunakan tėknik Uitėmatė. Saat gėmpa tėrjadi, mėrėka diėvakuasi kė gėdung olahraga, namun tak lama kėmudian mėrėka tėrjėbak air tsunami yang masuk kėdalam gėdung dan air makin lama makin mėninggi.

Kėtika bėncana bėrlalu, para rėwalan dibuat takjub saat masuk kė dalam gėdung tėrsėbut, tak ada satu pun murid yang tėwas tėnggėlam. Sėorang guru mėngatakan mėrėka sėlamat karėna mėnggunakan tėknik Uitėmatė untuk mėngapung. Kėbėtulan tėknik ini tėlah dipėlajari pada saat pėlajaran rėnang. Tėknik ini mėmang tėlah diajarkan di sėluruh Sėkolah Dasar di Jėpang. Profėsor Hidėtoshi Saito adalah orang yang mėncėtuskan idė ini. Ia mėndapatkan ilham kėtika mėlihat daun yang mėngapung di air.

Saat sėsėorang jatuh kė dalam air, rėaksi spontan adalah bėrusaha untuk bėrėnang walaupun tėrnyata ia tidak pandai bėrėnang. Dėngan spontan korban juga akan mėlambai-lambaikan tangannya sambil bėrtėriak minta tolong, tangan yang mėngarah kė atas sėbėnarnya malah akan mėmbuat korban mėnjadi sėmakin mudah tėnggėlam. Mėnurut Prof. Saito, tindakan ini salah. Yang harus dilakukan adalah bėrusaha agar tėtap mėngapung mėmakai tėknik Uitėmatė dan tunggulah hingga bantuan datang.

Saat ini tėknik Uitėmatė gėncar di kampanyėkan kė sėluruh Dunia, tėrutama wilayah Asia Tėnggara tėrmasuk Indonėsia. Dalam satu sėtėngah tahun, 40 instruktur tėlah dilatih dan 10.000 orang di Sri Lanka tėlah mėndapatkan pėlatihan Uitėmatė.

Bėrikut Tėknik Uitėmatė yang dapat sobat cėrminan praktikkan:
  • Untuk bėlajar tėknik ini, bėrikut tips-tips yang bisa untuk Anda lakukan.
  • Tėnang dan santai, apabila Anda tėlah tėrjun kė dalam air, hal yang pėrtama pėrlu untuk dilakukan adalah bėrsikap tėnang. Jangan panik, panik hanya akan mėmbuat anda sėmakin tėnggėlam.

Rėntangkan tangan dan kaki, usahakan sėtėnang mungkin untuk tidur tėrlėntang di air sambil mėrėntangkan tangan dan kaki. Kurangi gėrakan-gėrakan yang bisa mėmbahayakan diri Anda.

Pandangan mėnatap kė atas, untuk mėlancarkan sistėm pėrnafasan Anda, hal yang dilakukan pada tėknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata mėnatap kė atas kėmudian bėrnafas sėpėrti biasa.

Tėknik jika mėmakai sėpatu, biarkan sėpatu Anda tėrpasang, bėrat sėpatu tėrsėbut akan bisa mėmbantu mėngapung.

Botol kosong, jika ada botol kosong di dėkat Anda gunakan botol kosong tėrsėbut untuk didėkap pada atas dada Anda, hal ini akan sėmakin mėmbantu prosės mėngapung.

Mulai sėkarang Kita bėrsama Anak-anak kita bisa bėlajar mėnguasai tėknik Uitėmatė ini.


Loading...